Berdakwah untuk Senantiasa Mengerjakan Kebajikan

Setiap manusia yang hidup di dunia mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjalankan setiap perintah yang telah ditetapkan dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebab insan yang baik ialah mereka yang senantiasa mengerjakan kebajikan ataupun mengajak lainnya agar berupaya dalam jalan ketaatan semampu orang tersebut.

 

Dalam firman-Nya sangat jelas Allah menerangkan bahwa tugas manusia ialah berdakwah atau mengajak setiap sesama dalam hal kebaikan, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 125)

 

Prinsip terbesar dalam berdakwah yang harus dipahami ialah sepenuhnya sang pemberi hidayah itu hanya Allah Ta’ala. Jadi, jangan sampai ada prasangka atau perasaan bahwa seseorang yang berubah dan kembali kepada agama lurus itu semata-mata karena dakwah yang kita lakukan. Karena sesungguhnya hanya Allah yang kuasa membolak-balikkan hati manusia. Seorang pendakwah harus memahami secara keseluruhan bahwa sejatinya setiap jamaah yang hadir merupakan lahan kebaikan dan potensi untuk mengajak mereka selalu berjalan diatas jalan kebajikan.

 

Artikel pilihan: Terpesona! Inilah Keutamaan Zakat yang Jarang Diketahui

 

Seorang penceramah tidak bisa membolak-balik hati jama’ah untuk menolak atau menerima nasihat yang ia berikan. Ia hanya mampu berusaha atau berikhtiar dan berdoa supaya apa yang telah dilakukannya mendapat ganjaran pahala atas dasar berdakwah. Serta harus dipahami sejatnya Allah-lah sang Pemilik Kuasa atas hati setiap orang terhadap siapa yang Dia kehendaki.

 

Bagaimana supaya dakwah kita diridhoi oleh Allah sehingga bisa menjadi jalan perubahan ke arah kebaikan baik bagi kita maupun bagi orang lain? Pertama, niat kita harus lurus bahwa dakwah yang kita lakukan bukanlah untuk menampakkan kesalehan, bukan untuk pamer hapalan, ilmu, kepintaran, atau wawasan yang luas. Bukan itu, dakwah adalah bentuk pengabdian dan bentuk syukur kita kepada Allah yang telah mentakdirkan sebagai seorang khalifah di muka bumi. 

 

Sebagai orang islam dan beriman kepada Allah Ta’ala juga kepada semua rasul-Nya kita mendapat amanah untuk menyampaikan ajaran mengenai syariat dan aqidah kepada sesama lainnya. Selain wajib bagi kita untuk terus memperbaiki diri, sebaiknya juga memiliki misi untuk mengajak orang kepada jalan yang Allah ridhoi. Rasulullah sendiri memberikan perintah tegas untuk umatnya yakni dalam sebuah hadits, “Sampaikanlah dariku walau satu ayat.” (HR. Al-Bukhori)

 

Berdakwah bukan hanya tugas para alim ulama, bukan hanya tugas para dai atau orang yang mendalami ilmu agama saja. Berdakwah adalah tugas setiap diri seorang muslim, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda. Karena sesungguhnya apapun profesinya, wajib bagi kita memiliki pengetahuan agama Islam,  sebab itu adalah pondasi dan ruh hidup seorang diri mukmin.

 

Artikel lainnya: Paling Lengkap! Apa Perbedaan Zakat, Sedekah, Infak dan Wakaf?

 

Berdakwah adalah mengingatkan untuk senantiasa ada dijalan ketaatan dan mengingatkan untuk menjauhi segala bentuk yang mendatangkan Allah murka. Indah sekali jikalau dalam hidup ini, setiap orang bisa melakukan hal yang demikian. Kebaikan dan kebenaran akan tersebar dengan cepat serta bermanfaat untuk setiap kehidupan manusia. 

 

Tugas berdakwah adalah tugas semua orang mukmin. Sehingga tujuannya ialah tercapai kemaslahatan umat dan datangnya keberkahan dari Allah Ta’ala. Semoga hal ini menjadi pelecut semangat untuk semakin giat menambah ilmu dan wawasan mengenai agama islam. Karena tentu saja berdakwah tidak bisa kita lakukan jikalau diri sendiri minim akan hal pengetahuan agama. Semakin banyak nilai-nilai kebaikan yang kita sebarkan tentu akan menjadi amal jariyah dan memperberat timbangan di akhirat.

Mari untuk sesama kita yang dalam kondisi kekurangan dengan berbagi rezeki: Donasi sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *