Jarang Diketahui, 5 Keutamaan dan Manfaat Berqurban 

Ibadah Qurban merupakan salah ibadah yang diperintahkan Allah sebagai media untuk mendekatkan diri-Nya.

Menjelang Hari Raya Idul Adha tentu ramai-ramai orang mencari hewan Qurban untuk dijadikan hewan sembelihan atas namanya maupun dijadikan sebagai objek berdagang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berqurban adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Allah sebagai media untuk mendekatkan diri dan kepatuhan seorang hamba kepada-Nya yang tertulis dalam Al-Qur’an yakni:

“Maka laksanakan shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.” (QS. Al-Kautsar: 2)

Dalam pelaksanaan ibadah qurban ini, Rasulullah sendiri sebagai panutan dan suri tauladan yang baik bagi umatnya, memerintahkan bagi mereka yang memiliki kelapangan harta untuk melakukan ibadah Qurban dan bahkan mengancam bagi yang tidak mau melaksanakannya. 

Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahikannya).

Terlepas dari itu semua, berikut ini keutamaan dan manfaat ibadah qurban yang jarang diketahui oleh banyak orang sebagai berikut: 

 

1. Sebagai Bentuk Rasa Syukur kepada Allah 

Berqurban merupakan salah satu ibadah sebagai tanda ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala rezeki yang telah diberi. Selain itu, dalam Islam juga diajarkan untuk saling berbagi dan membantu saudara yang membutuhkan. Tak hanya itu, berkurban juga dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang melimpah dan diberikan Allah sehingga mampu menyalurkannya untuk banyak orang.

 

2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

 

Kurban berasal dari kata Qurba atau Qurban yang berarti ‘dekat’. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuhan alif dan nun bermakna ‘kesempurnaan’. Sehingga kurban atau qurban adalah ‘kedekatan yang sempurna’. Atau dalam makna lainnya, kurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

 

3. Menambah Catatan Amal dan Kemudahan Saat di Akhirat

 

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Qurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan qurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

4. Dapat Menghapus Dosa

 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazaar dan Ibnu Hibban, tetesan darah hewan qurban merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berqurban pada masa lalu. “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

 

5. Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Sesama

 

Berqurban berarti juga memberi pada orang lain, tetangga, Masyarakat sekitar dan kepada para Mustahiq (orang-orang yang membutuhkan) itu menjadi media kita membiasakan untuk peduli terhadap orang lain. Karena ada saja orang yang tidak pernah makan untuk memenuhi gizi baiknya kecuali pada Hari Raya saja.

Yuk Sahabat mari sempurnakaan iman dan taqwa kita dengan berqurban di Yatim Mandiri untuk bahagiakan adik yatim maupun masyarakat dhuafa yang membutuhkan.

 

Selengkapnya: Klik disini

Informasi dan kontultasi WA Center https://wa.me/628111343577

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *