Wajib Tahu! Keutamaan Sedekah yang Membuat Terpesona

Sedekah yang dilakukan dengan niat tulus, akan membawa keberkahan dan limpahan pahala tak terbatas.

Terkadang kita lupa tentang makna hidup kita sendiri. Sehingga membuat kita melalaikan kehidupan akhirat dan terpesona akan hal keduniawian. Namun bila kita menyadari, sejatinya bahwa kehidupan ini hanyalah permainan dan senda gurau belaka.

Kehidupan yang saat ini kita jalani adalah ladang tempat kita beramal shalih dan mengerjakan kebajikan sebanyak mungkin. Salah satu amalan yang dapat membuat kita terpesona dan kagum akan keutamaannya ialah bersedekah.

Sedekah mampu memancing dan mendatangkan banyak rezeki bagi siapapun yang mau melakukannya. Allah SWT memberikan banyak keutamaan dan keberkahan dalam sedekah bagi seorang muslim yang senantiasa mengamalkannya.

Sedekah memiliki beragam keutamaan dan pahala yang tiada batas sehingga setiap orang yang melakukan akan terpesona dengan beragam kebaikan yang terkandung. Sedekah dapat diartikan makna amal yang muncul dari dalam hati yang penuh dengan iman atau keyakinan penuh, niat yang tulus dan semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT. 

Hukum melakukan sedekah sendiri adalah sunnah, namun sangat rugi apabila tidak melakukannya dengan beragam pahala kebaikan didalamnya. Berikut beberapa keajaiban dan keutamaan sedekah yang dapat membuatmu terpesona jika mau dan rutin melakukannya:

1. Dapat Menolak Bala/Musibah

Bila seseorang dalam kondisi sakit, maka bersedekah menjadi jalan alternatif yang bisa ditempuh untuk mengobatinya. Bila telah melakukan sedekah, namun belum juga merasakan kesembuhan, maka perbanyaklah lagi untuk bersedekah. Barangkali Allah sedang mendengarkan, doa orang-orang yang pernah kita beri sedekah atau pernah dibantu.

Keajaiban sedekah dan istighfar tidak hanya dapat membuat kamu sembuh dari penyakit. Sedekah juga bisa mencegah penyakit. Bila ada orang bermaksud jahat atau penyakit menyerang, sedekah akan menangkal bala.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. At-Thabrani)

2. Harta Menjadi Kekal di Sisi Allah

Apapun harta yang kita niatkan untuk di jalan Allah, pasti akan membantu kita kelak di akhirat. Allah nantinya akan menyimpan harta yang umatnya sedekahkan, dalam hadist yang dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu diantara kalian mengembangbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Sedekah Membawa Kedamaian

Sedekah juga bisa membawa kedamaian dan meringakan beban orang lain yang membutuhkan, khususnya bagi kaum fakir atau dhuafa. Untuk itu, bersedekah menjadi solusi saat ada perpecahan atau mungkin perselisihan yang kita alami atau kesulitan yang kita hadapi.

Hal ini juga diperjelas oleh hadits dari Abu Hurairah,”Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.”(HR Bukhari dan Muslim).

4. Hidup Semakin Berkah

Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai cara. Sedekah juga jadi salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Tentu siapapun akan terpesona dengan hikmah dan keutamaan sedekah ini. Salah satu hadist tentang sedekah:

“Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda,”Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat bawang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda,”(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk sholat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

5. Mudah Mencari Rezeki Halal

Sedekah akan membuat kamu selalu ingat, bahwa kamu bekerja di bawah pengawasan Allah SWT. Inilah sebabnya, sedekah akan membuat kamu berusaha mengumpulkan rezeki dengan cara yang halal.

Rezeki halal yang dimakan seseorang akan membuat orang tersebut mudah mensyukuri anugerah yang diberikan Allah. Seperti dalam firman Allah SWT berikut:

“Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepada-Nya saja beribadah”. (An-Nahl:114).

Mari lengkapi hidup dengan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan bantuan dan kebaikan kita: Donasi sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *